Temukan Materi Sekolah dan Kuliah di sini

Temukan Materi Seputar Pelajaran Sekolah dan Kuliah di sini....,:-)

Sunday, September 18, 2011

Prinsip-prinsip Geografi


Prinsip Geografi
      Prinsip geografi yang paling popular adalah prinsip ekonomi. Dalam mengkaji hubungan manusia dengan kelingkungannya, maka prinsip geografilah yang digunakan. Prinsip keilmuan geografi merupakan dasar pengkajian gejala dan masalah geografi yang terkait aspek fisik, manusia atau hubungan manusia lingkungan/ fisik. Prinsip ini terdiri dari:
a.       Prinsip penyebaran
Gejala dan masalah fisik dan manusia tersebar dalam ruang permukaan bumi. Dengan menggunakan prinsip ini dapat diketahui di mana saja persebaran suatu gejala di bumi ini. Seperti penyebaran gunung api, kepadatan penduduk, iklim, jenis hewan dan tumbuhan. Dari prinsip ini juga bisa ditentukan alternatif dalam pemecahan suatu masalah. Permasalahan yang sama, yang berbeda ruangnya memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga memerlukan alternative pemecahan msalaha yang berbeda.
b.      Prinsip interrelasi
Gejala dan permasalahan aspek dan aspek manusia saling terkait satu sama lain yaitu manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungan fisik dan aspek fisik dengan aspek fisik.
Contoh: Tanah di sekitar gunung api biasanya merupakan tanah yang subur.
c.       Prinsip Deskripsi
Keterkaitan anatar berbagai aspek fisik (lingkungan) dan manusia dapat dideskripsikan fakta, gejala dan masalah, sebab akibat, secara kualitatif maupun kuantitatif dengan bantuan peta, grafik, diagram, dll.
d.      Prinsip Korologi
Merupakan prinsip yang terpadu antara prinsip penyebaran, interrelasi, dan deskripsi. Gejala, fakta, dan masalah aspek fisik dan manusia ditinjau penyebarannya, interrelasi dan interaksinya dalam ruang. Ruang memberikan karakteristik pada kesatuan gejala, kesatuan fungsi dan kesatuan bentuk.
Pada prinsip ini gejala, fakta dan masalah ditinjau  penyebarannya, interelasinya, dan interelasinya dalam ruang. Pada pendekatan ini kajian suatu gejala yang terjadi pada suatu wilayah dicari penyebabnya. Mengapa gejala tersebut terjadi di wilayah tersebut? faktor apa penyebabnya? Misalnya kota di Indonesia dengan kepadatan yang tertinggi terdapat di Jakarta. Maka dikaji mengapa di kota Jakarta, mengapa tidak terjadi di kota lainnya. Mengapa demikian? dan seterusnya.



"Mohon tinggalkan komennya ya para teman pembaca...Terima Kasih...;-D"






No comments:

Post a Comment